Wow Aset Bumdesma Bagus Salam Barokah Capai 5,5 Miliar – El Jabar

Wow Aset Bumdesma Bagus Salam Barokah Capai 5,5 Miliar

Sumedang,eljabar.com — Aset Badan Usaha Milik Desa Bersama (Bumdesma) ‘Bagus Salam Barokah’ Kecamatan Buahdua per akhir September 2021 mencapai Rp. 5,5 miliar.

Capaian itu dilaporkan Harmaen selaku Direktur Bumdesma Bagus Salam Barokah pada kegiatan penyaluran bantuan sosial berupa Sembako kepada 114 warga Kecamatan Buahdua, Senin (4/9).

Bantuan tersebut merupakan keuntungan pengelolaan dana bergulir  Bumdesma dan secara simbolis dibagikan oleh Bupati Sumedang H. Dony Ahmad Munir kepada anak yatim dan Rumah Tangga Miskin (RTM) di Kantor Desa Buahdua.

Harmaen menerangkan, modal yang dimiliki Bumdesma sejak bernama PPK, kemudian PNPM Mandiri, lalu PNPM Integrasi, UPK serta UPDB, dari Tahun 2003 sampai 2010 mencapai Rp. 800 juta.

“Alhamdulillah sampai hari ini aset kami sudah mencapai Rp. 5,5 miliar. Setiap tahun kami membagikan dana Bansos dan dana stimulan untuk MCK warga sebesar Rp. 2 juta rupiah per orang di setiap desa,” terangnya.

Dirinya juga menambahkan, untuk Tahun 2021 tepatnya menjelang 1 Ramadhan, pihaknya telah menyalurkan Rp. 108 juta dana Bansos berupa 280 paket Sembako.

“Untuk saat ini sisanya akan kami salurkan 114 paket Sembako untuk anak yatim dan RTM,” katanya.
Bupati Dony mengapresiasi capaian Bumdesma Bagus Salam Barokah yang telah berhasil menggerakkan ekonomi  warga di Kecamatan Buahdua.

“Bumdesma telah memberikan bantuan modal dengan jumlah milyaran rupiah kepada 80 KPM (Kelompok Penerima Manfaat) atau sekitar 1.000 orang untuk kemajuan usahanya,” ujarnya.

Ditambahkan, keuntungan dari pengelolaan dana bergulir tersebut dikembalikan kepada warga dalam bentuk bantuan sosial.

“Bantuan ini diberikan dari CSR nya untuk membantu masyarakat yang membutuhan bantuan sosial maupun bantuan pendidikan,” tuturnya.

Bupati berharap Bumdesma Buahdua dapat terus meningkatkan pendapatannya dan menjadi contoh bagi Bumdesma lainnya di Sumedang.

“Saya harap Bumdesma ini bisa terus meningkat total asetnya, meningkat pendapatannya, meningkat keuntungannya, meningkat kapasitas pengelolaannya, dan bisa terus memberikan permodalan lebih banyak lagi kepada usaha-usaha kecil sehingga semua nisa bebas dari rentenir,” harapnya.(abas)

Categories: Regional