4 Kelurahan Rawan Pangan, DKP3 Kota Sukabumi Gelar GPM - El Jabar

4 Kelurahan Rawan Pangan, DKP3 Kota Sukabumi Gelar GPM

SUKABUMI, eljabar.com — Sebanyak empat kelurahan di Kota Sukabumi yang dianggap rawan pangan, mendapatkan perhatian dari Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian, dan Perikanan (DKP3) setempat dengan menggelar kegiatan Gerakan Pangan Murah (GPM).

Kepala DKP3 Kota Sukabumi, Andri Setiawan mengungkapkan, GPM salah satunya untuk meningkatkan akses pangan pokok yang berkualitas, dengan harga yang sangat terjangkau. Kita sengaja lakukan di empat kelurahan yang dianggap rawan. Yakni Kelurahan Dayeuh luhur, Warudoyong, Limusnunggal dan Sudjaya hilir.

“Di GPM ini , disediakan tiga komoditi yang bisa dibeli dengan harga murah. Yakni beras, telur, dan kentang,” ungkap Andri saat dihubungi lewat telepon genggamnya, Rabu (28/04/2021).

“Untuk beras warga bisa membeli Rp40 ribu untuk 5 kg, kemudian telur ayam negeri dijual Rp22 ribu per kg, dan kentang dijual Rp12.500 per kg,” terangnya.

Jadi tambah Andri, masyarakat setempat hanya membawa KTP, untuk membeli kebutuhan pangan di kantor kelurahan dan tidak melayani warga yang berdomisili di luar kelurahan.

“Kami juga lakukan pembatasan pembelian, jadi satu orang batas maksimal yang dapat dibeli sebanyak 3 kilogram per item,” ujarnya.

Andri berharap, dengan adanya langkah GPM, bisa membantu masyarakat yang wilayahnya di anggap rawan ketahanan pangan. Meskipun diakui Andri, kerawanan pangan sangat dipengaruhi oleh daya beli masyarakat yang ditentukan tingkat pendapatannya. Rendahnya tingkat pendapatan memperburuk konsumsi energi dan protein.

“Yang jelas kegiatan GPM ini benar-benar bisa memebantu dan bermanfaat bagi masyarakat di empat keluarahn tersebut,” pungkas Andri. (Anne)

 

Categories: Regional