Pemasangan Steel Box Girder di Hari Pertama Berjalan Lancar - El Jabar

Pemasangan Steel Box Girder di Hari Pertama Berjalan Lancar

BANDUNG,eljabar.com —  Di hari pertamanya, pemasangan jembatan penghubung Tom Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) berjalan lancar atau sesuai rencana, Rabu (28/4/2021) dini hari.

Seperti diberitakan sebelumnya, pengerjaan pemasangan Steel Box Girder tersbut dimulai pukul 00.00 WIB maskimal sampai pukul 06.00 WIB pagi.

Dalam pemasangan ini, China Road and Bridge Corporation (CRBC) berkoordinasi dengan sejumlah unsur, seperti kepolisian dan dinas perhubungan. Kemudian pihak Sat Lantas Polres Bandung memberlakukan rekayasa lalu lintas untuk mengantisipasi penumpukan kendaraan.

Kepada wartawan, Pejabat Pembuat Komitmen Pelaksanaan Tol Cisumdawu 2, Erwin Herlambang Kuncoro Putra menjelaskan di tahap awal pihaknya masih menguasai alur pemasangan Steel Box Girder.

“Biasanya setiap yang perdana itu dari alur yang paling tepat ritmenya, jadi kemudian bisa kita evaluasi,” kata Erwin kepada wartawan di lokasi.

Ditanya pemasangan Steel Box Girder tahap kedua yang rencananya dilakukan pada 29 April 2021 dini hari, Erwin mengaku hal itu bisa berjalan lancar tergantung cuaca.

“Kalau cuaca dan situasi memungkinkan, maka akan diselesaikan dua girder. Besok insha Allah selesai empat line girder,” katanya, optimis.

Erwin mengungkapkan, pemasangan Steel Box Girder tahap awal memakan waktu sekiranya 40 menit.

“Jadi memang tergantung keterampilan dari operatornya juga. Kalau untuk situasi lapangan sudah kami cek secara berkala. Besok juga akan kami cek lagi,” ungkap dia.

Erwin lebih jauh menyebutkan, bobot satu Steel Box Girder beratnya mencapai 160 ton dengan panjang 60 meter. Steel Box Girder yang dipasang tersebut nantinya akan berfungsi sebagai penghubung jalur menuju Bandung-Jakarta. (abas)

Categories: Regional