BBWS Cimancis Sosialilasi Persiapan Peresmian Bendungan Kuningan di Pendopo Bupati Kuningan – El Jabar

BBWS Cimancis Sosialilasi Persiapan Peresmian Bendungan Kuningan di Pendopo Bupati Kuningan

KUNINGAN, eljabar.com — Sebagai salah satu PSN di Jawa Barat, Bendungan Kuningan kelak akan diresmikan langsung oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo dan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dalam waktu dekat.

Dalam rangka sosialisasi peresmian Bendungan Kuningan, Kepala BBWS Cimanuk Cisanggarung Dr. Ismail Widadi, ST, M. Sc mengunjungi pendopo Bupati Kuningan pada Jum’at, 13 Agustus 2021.

Sampai hari ini semua persiapan Bendungan Kuningan sudah berjalan optimal. Mulai dari pengisian waduk sampai dengan penempatan rumah relokasi bagi warga Desa Kawungsari yang kini sudah dilengkapi dengan dua sumur bor. Dengan debit masing-masing sumur sebesar 1 liter per detik dan 0.5 liter per detik.

Dalam diskusinya kepala BBWS berharap supaya Bupati Kuningan bisa mensosialisasikan kepada masyarakat untuk menjaga Bendungan Kuningan tetap bersih dan steril dari aktivitas yang dapat merusak fungsi bendungan. Seperti salah satunya keramba jaring apung. Kalau hanya untuk objek wisata masih diperbolehkan. Tetapi kalau keramba jaring apung, tidak boleh ada sama sekali.

Hal tersebut dikarenakan keberadaan keramba jaring apung bisa mencemari kualitas air yang digunakan untuk suplai air baku masyarakat. Dan pertumbuhan alga juga bisa merusak fungsi utama bendungan.

Dalam setiap forum dan kesempatan, Kepala BBWS Cimanuk Cisanggarung DR. Ismail Widadi, ST, M.Sc selalu mengingatkan agar kegiatan dan aktivitas yang bisa mengganggu fungsi utama bendungan untuk tidak dilakukan. (cimancis/ppid)

Categories: Regional