Bupati Sumedang Pimpin Langsung Rakor Pelaksanaan Pilkades Serentak – El Jabar

Bupati Sumedang Pimpin Langsung Rakor Pelaksanaan Pilkades Serentak

Sumedang, eljabar. Com — Monitoring pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak Tahun 2021, Rabu (27/10), diawali dengan Rapat Koordinasi (Rakor) bersama Forkopimda di Gedung Negara.

Rakor dipimpin langsung Bupati Sumedang H. Dony Ahmad Munir didampingi Wakil Bupati H. Erwan Setiawan dan unsur Forkopimda. Hadir pula Kepala Dinas PMD Provinsi Jawa Barat H. Dicky Saromi, Sekretaris Daerah Herman Suryatman, Kepala Dinas PMD Kabupaten Sumedang Endah Kusyaman dan pihak terkait lainnya.

Dalam arahannya Bupati mengatakan, terdapat beberapa indikator kesuksesan dalam pelaksanaan Pilkades Serentak di Kabupaten Sumedang.

“Pertama Pilkades harus berjalan dengan aman, damai, dan kondusif. Kedua Pilkades harus sukses secara administratif. Ketiga Pilkades harus aman dari Covid. Keempat Pilkades harus bisa meningkatkan partisipasi pemilih. Kelima Pilkades menghasilkan Kades yang handal dan berkualitas. Keenam Pilkades harus suskses secara ekonomi,” tuturnya.

Menurutnya, untuk menjamin kesuksesan tersebut tentunya harus dipantau secara langsung ke lapangan dan disampaikan arahan secara langsung jika diperlukan.

“Hari ini kita akan melaksanakan monitoring ke tiap TPS dimana sebelumnya pernah kita lakukan dan ada beberapa evaluasi yang pernah kita sampaikan sebelumnya,” tuturnya.

Bupati juga menegaskan, setidaknya ketika melaksanakan monitoring agar dipastikan semua aturan Pilkades dilaksanakan dengan baik.

“Cek dan ricek aturannya seperti apa dan bagaimana pelaksanaan di lapangan. Selain itu, pastikan sarana prasarana protokol kesehatan di setiap TPS tersedia dengan baik dan berfungsi. Jadi Satgas Covid-19 di setiap TPS dipastikan ada,” ungkapnya.

Bupati juga meminta tim monitoring memastikan para panitia Pilkades melakukan wawar di setiap lokasi agar yang belum memilih dapat segera mendatangi lokasi TPS dengan tujuan agar partisipasi pemilih meningkat.

“Pastikan juga pengumuman pembukaan kotak suara tidak terjadi kerumunan. Cukup dipercayakan kepada saksi-saksi. Selain itu, pasca Pilkades pastikan tidak ada yang melakukan hal-hal di luar aturan atau hal-hal yang menimbulkan ketidakkondusifan di desa tersebut,” tukasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas PMD Provinsi Jawa Barat H. Dicky Saromi mengatakan, desa merupakan level terakhir dari otonomi daerah sehingga perannya semakin urgen dan strategis dalam memberikan penghasilan baik untuk Kabupaten/Kota, Provinsi, dan Nasional.

“Indonesia maju dan tumbuh¬† bilamana desanya maju. Atas dasar itu, kami (Pemprov) ikut mengawal pelaksanaan Pilkades serentak ini. Kami inginkan yang terpilih nanti adalah mereka yang terbaik dan mampu mensejahterakan masyarakat desanya,” terangnya.

Lebih daripada itu, Dicky mengatakan, desa harus lebih mandiri, terus berperan dalam pembangunan yang berkelanjutan.

“Jika kita melihat dari tahun ke tahun, penyelenggaran Pilkades ini melebihi daripada Pilkada. Mudah-mudahan antusiasme pada Pilkades ini adalah antusiasme masyarakat untuk susksesnya demokrasi dan memajukan Pemerintah Kabupaten Sumedang,” tuturnya.(abas)

Categories: Regional