Desa Kertamukti Ditetapkan Menjadi Lokasi Pelaksanaan TMMD Tahun 2021 - El Jabar

Desa Kertamukti Ditetapkan Menjadi Lokasi Pelaksanaan TMMD Tahun 2021

SUMEDANG, eljabar.com — Desa Kertamukti Kecamatan Tanjungmedar ditetapkan menjadi lokasi pelaksanaan program TMMD (TNI Manunggal Membangun Desa) Tahun 2021.

Hal tersebut terungkap dalam pelaksanaan Rapat Koordinasi TMMD Tahun 2021 yang digelar di Pendopo IPP, Senin (26/10/2020).

Kepala Dinas PMD Kabupaten Sumedang Endah Kusyaman mengatakan, penetapan lokasi TMMD Tahun 2021 berdasarkan hasil survei bersama tim dari TNI ke beberapa desa yang akan dijadikan lokasi pelaksanaan TMMD.

“Ada dua lokasi yang dipilih yaitu Desa Padaasih Kecamatan Conggeang dan Desa Kertamukti Kecamatan Tanjungmedar. Setelah dinilai ternyata desa Kertamukti yang dianggap cocok untuk pelaksanaan TMMD,” jelas Endah.

Dijelaskan Endah, program TMMD yang bertujuan untuk membantu pemerintah daerah dalam pelaksanaan pembangunan sekaligus sebagai upaya menumbuhkan sikap gotong royong serta meningkatkan kemanunggalan TNI.

Sementara itu, Dandim 0610 Sumedang Letkol Inf Zaenal Mustopa, SE MSi mengatakan, TMMD akan dimulai pada Maret 2021 berakhir pada sekitar bulan April 2021.

“Persiapan untuk program TMMD ini dilakukan sejak sekarang. Salah satunya digelar Rakor pada hari ini,” ungkapnya.

Lebih lanjiut dikatakan Dandim, program TMMD akan melibatkan berbagai  unsur pemerintah dan masyarakat dimana pembangunan fisiknya berupa pembangunan jalan dan pembuatan jembatan.

Bupati Sumedang Dr. H. Dony Ahmad Munir yang hadir dalam rakor tersebut mengatakan, tujuan akhir TMMD harus berdampak pada kesejahteraan masyarakat, memberdayakan masyarakat, dan juga mencerahkan masyarakat.

“Dengan TMMD ini banyak dibangun fasilitas umum, sarana transportasi untuk memudahkan arus orang ke tempat pendidikan, memudahkan arus orang dan barang ke tempat kesehatan atau tempat ekonomi,” ucap Bupati.

Bupati berharap TMMD Tahun 2021ada peningkatan kualitas dari tahun-tahun sebelumnya.

“TMMD bukan hanya rutinitas tiap tahun, tapi akan menjadi lebih bermakna lagi apabila ada pembeda kegiatannya dan lebih baik lagi,” ungkapnya.

Bupati juga meminta kepada semua SKPD untuk memaksimalkan kegiatan TMMD tersebut dengan cara didukung oleh semua ‘stakeholders’ karena menurutnya keterpaduan adalah kunci dari sesuksesan kegiatan TMMD Tahun 2021.

“Saya minta SKPD terlibat secara aktif, serta harus hadir dengan program-programnya di desa tersebut,” ujarnya.

Lebih dari itu, lanjut Bupati Dony, TMMD harus mencirikan konsep membangun pentahelix yakni melibatkan unsur akademisi, bisnis, komunitas, pemerintah, dan media.

“Jadi saya minta TMMD ini bisa mencirikan konsep membangun pentahelix,” pungkasnya. (Abas)

Categories: Regional