Festival Kopi Sumedang ke-3 Resmi Dibuka oleh Bupati Sumedang – El Jabar

Festival Kopi Sumedang ke-3 Resmi Dibuka oleh Bupati Sumedang

Sumedang, eljabar. Com — Festival Kopi Sumedang ke-3 resmi dibuka oleh Bupati Sumedang H Dony Ahmad Munir, Selasa (26/10), di Lapang Upacara Pusat Pemerintahan Kabupaten Sumedang.

Menurut laporan panitia penyelenggara yang disampaikan oleh Rauf Nuryama, festival diikuti 35 komunitas Kopi dan beberapa perangkat daerah.

“Dinas DPMPTSP turut berpartisipasi dengan memberikan pelayanan perizinan berupa NIB. Hari ini telah beberapa kali dan dicetak langsung,” terangnya.

Ia juga melaporkan, total pengunjung yang datang ke Festival Kopi sampai pukul 11.00 WIB ada 406 orang, terdiri dari 223 laki-laki dan 183 perempuan.

“Jumlahnya hampir sama antara laki-laki dan perempuan. Artinya kopi bukan hanya untuk laki-laki saja, tetapi juga diminati perempuan,” ujarnya.

Dikatakan, kegiatan tersebut terlaksana atas kerja sama antara Komunitas Kopi Sumedang, Pemda Sumedang, Kementerian Pertanian RI, Kementerian Koperasi dan UKM RI, Bank Indonesia, Bank bjb dan Bank Sumedang.

“Terima kasih kepada semua pihak yang telah bekerja sama. Seharusnya kegiatan ini dilaksanakan Tanggal 7 dan 8 Oktober. Namun karena satu dan banyak hal, jadi elaksanaannya diundur jadi hari ini dan besok,” katanya.

Sementara itu, Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir mengatakan, Festival Kopi Sumedang adalah sebuah ikhtiar untuk mensejahterakan masyarakat melalui promosi potensi komoditas kopi.

“Kita inginkan Kopi Sumedang bisa dipasarkan lebih luas lagi, bahkan bisa diekspor, sehingga pelaku usaha kopi di Sumedang dari hulu sampai hilir bisa sejahtera,” ucap Bupati.

Dikatakan Bupati, festival tersebut menampilkan berbagi kopi dari belahan bumi Kabupaten Sumedang dengan berbagi mereknya dengan ciri khasnya masing-masing dan sudah dikenal luas.

“Kopi Sumedang benar-benar berkualitas. Kopinya enak dan nikmat. Bahkan tadi eksportir bilang bahwa 100 persen kopi yang dipilih ekspor ke luar negeri, 10 persennya dari Sumedang,” ucapnya.

Melalui festival tersebut, Bupati menginginkan para pelaku usaha kopi difasilitasi untuk akses pasarnya, dibekali ilmu untuk meningkatkan kuantitasdan kualitas produksinya.

“Dari sisi kualitasnya tadi ada beberapa sharing season untuk peningkatan kapasitas petani kopi dan peracik kopi.
Saya ingin jangka pendeknya sekarang ada transaksi langsung antara ‘supplier’ dan ‘buyer’,” kata Bupati.

Menurut Bupati, meningkatnya permintaan akan Kopi Sumedang akan turut membuka lapangan kerja dan bermuara pada kesejahteraan masyarakat.

“Kalau permintaan semakin banyak, berarti semakin membutuhkan tambahan luasan lahan. Kalau semakin penambahan luasan lahan, akan membuka lapangan pekerjaan. Jadi kopi ini bisa menciptakan lapangan pekerjaan, bisa mensejahterakan masyarakat,” katanya.

Dikatakan, kegiatan tersebut juga dipandang sebagai bagian dari upaya pemulihan ekonomi daerah dan pemulihan ekonomi nasional.

“Ini upaya nyata kita dalam pemulihan ekonomi karena dengan ekspor setidaknya defisit neraca transaksi akan semakin rendah, bahkan bisa surplus kalau ekspor kita semakin tinggi,” tuturnya.

Ia juga akan terus mendorong promosi Kopi Sumedang agar mendapatkan pangsa pasar yang luas di luar negeri.

“Beberapa pelaku usaha Kopi Sumedang sudah banyak yang mengikuti pameran di Amerika dan Eropa. Kita juga bekerja sama dengan DKI Jakarta yang telah menyediakan tempat di daerah Sudirman sebagai titik masuk untuk promosi Kopi Sumedang di Jakarta,” ujarnya.

Ia pun menambahkan, pihaknya akan memanfaatkan hubungan dengan Perancis yang memiliki sejarah panjang dengan Sumedang sejak 1890-an yakni ketika Gamelan Sari Oneng Parakansalak  tampil saat Menara Eiffel diresmikan.

“Waktu itu membawa kopi dan teh. Sekarang kami pun akan turut mepromosikan di Perancis karena kami diundang ke sana. Harusnya tahun ini berangkat, tapi mungkin tahun depan baru bisa,” kata Bupati.

Tampak hadir dalam acara tersebut, unsur Forkopimda, Sekertaris Daerah Kabupaten Sumedang Herman Suryatman, Kepala Perwakilan BI Jabar Herawanto, para Kepala SKPD dan Asisten, Ketua Tim Penggerak PKK Hj Susi Gantini dan tamu undangan lainnya.(abas)

Categories: Regional