Hajat Lembur, Ritual Warga Dusun Citali Setiap 8 Muharam – El Jabar

Hajat Lembur, Ritual Warga Dusun Citali Setiap 8 Muharam

SUMEDANG, eljabar.com — Ada ritual unik yang dilakukan warga Dusun Citali RW setiap tanggal 8 Muharam yakni ritual Hajat Lembur.

Ritual hajat lembur dimulai dengan menyembelih seekor kambing berwarna hitam.

Tokoh masyarakat setempat, Ayah Dedi mengatakan, Hajat Lembur tersebut rutin digelar tiap bulan Muharam tahun Hijriah.

“Ini merupakan tradisi yang sudah rutin kami laksanakan. Selain budaya warisan turun temurun selama ratusan tahun yang harus dilestarikan, juga sebagai upaya mengenalkan kepada generasi muda bahwa ini budaya kita,” ujarnya kepada eljabar.com, di lokasi Hajat Lembur.

Ayah Dedi mengatakan, banyak manfaat yang terkandung dari tradisi buhun itu, di antaranya bentuk munajat kepada Allah SWT.

“Tujuan hajat lembur bentuk rasa syukur terhadap nikmat yang Allah berikan, berupa melimpahnya hasil pertanian dan kesejahteraan masyarakat,” ujarnya.

Dedi menjelaskan, kegiatan yang diawali dengan memotong kambing hitam dan selanjutnya kepala kambing itu dikubur, bisa diartikan sebagai tumbal lembur. Harapannya, agar diberikan keamanan, kesejahteraan bagi masyarakat Citali, juga sebagai tolak bala.

“Selain memotong kambing hitam, juga membuat Darangdan yang terdiri dari beberapa bagian tanaman palawija yang diikat, selanjutnya dibagikan kepada warga,” terangnya.

Ayah berharap, setelah kegiatan Hajat Lembur ini, masyarakat Dusun Citali dapat lebih makmur dan sejahtera dan keberadaannya tetap terjaga. (Abas)

Categories: Regional