Jadi Ketua Umum GMPK, Douglas Pasaribu Serukan Bersama Membangun Organisasi – El Jabar

Jadi Ketua Umum GMPK, Douglas Pasaribu Serukan Bersama Membangun Organisasi

JAKARTA, eljabar.com,– Dr. Douglas Pasaribu terpilih sekaligus dikukuhkan sebagai Ketua Umum Gerakan Masyarakat Perangi Korupsi (GMPK), pada Musyawarah Nasional Luar Biasa (Munaslub) tahun 2021 di Hotel Mega Anggrek, Jln. Arjuna Selatan Tanjung Duren, Grogol, Jakarta Barat, Jumat (1/10/2021).

Seperti diketahui, Ketum GMPK sebelumnya, Irjen Pol. (Purn) Bibit Samad Rianto mengundurkan diri sebagai Ketua Umum (Ketum) Gerakan Masyarakat Perangi Korupsi (GMPK).

Lalu melalui Persidangan Munaslub, ditentukan siapa pengganti Bibit Samad Rianto. Munaslub sendiri mengusung tema “GMPK Bersih dan Berwibawa Untuk Indonesia Tanpa Korupsi, Kolusi dan Nepotisme” itu dipimpin Andy Arham dan Jonny Sirait.

Ketum GMPK, Dr. Douglas Pasaribu saat memberikan sambutannya.

Ketua Umum GPMK terpilih, Dr. Douglas dalam sambutannya menyerukan membangun organisasi secara bersama-sama dan solid.

“Semuanya memang butuh proses, namun terpenting mulai kita bergerak dan jangan sampai berhenti atau stagnan, tetap koordinasi. Kita akan membentuk struktur mulai dari provinsi hingga kecamatan,” ujar Douglas penuh semangat dan disambut kata “setuju” oleh peserta.

Sementara dalam sambutannya, Waketum DPP GMPK, Ir. Syamsul Hadi menyampaikan, organisasi seperti amuba, selalu membentuk pola, menuju keseimbangan yang harmonis.

“Jadi pada Munaslub ini, diharapkan GMPK menjadi organisasi yang selaras dan harmonis sesuai dengan tujuan pokok organisasi dengan berlandaskan persatuan yang kuat, sehingga bermanfaat bagi masyarakat dan negara,” ucapnya.

Dirinya berharap, Bibit Samad Rianto selaku pendiri, tetap menjadi pengurus GMPK, misalnya menduduki jabatan Ketua Dewan Penasehat GMPK yang bisa mengarahkan organisasi ke masa yang akan datang.

“Munaslub ini menjadi momentum untuk menyatukan aspek organisasi dari seluruh komponen yang menjadi perangkat organisasi. Munaslub secara umum diharapkan menjadikan organisasi tetap harmonis dan solid,” pungkasnya.

Salah satu pendiri GMPK, Sabar Martin Sirait

Pada kesempatannya, salah satu pendiri GMPK, Sabar Martin Sirait mengatakan, awalnya organisasi ini bernama Forum Masyarakat Pemantau Korupsi, namun sejumlah pendiri, termasuk Bibit Samad mengoreksi, merevisi dan mengusulkan nama GMPK, dan dengan berbagai pertimbangan akhirnya disepakati nama GMPK.

“Sampai saat ini, fakta korupsi masih sangat luar biasa. Sejumlah pejabat negeri ditangkap karena kasus korupsi. Maka kehadiran GMPK diharapkan bisa berperan menekan korupsi dan mewujudkan Indonesia tanpa korupsi,” ujar Martin.

Usai acara, pemimpin Munaslub GMPK, Jonny Sirait menjelaskan, Munaslub dihadiri 35 utusan secara tatap muka dan 41 Dewan Pimpinan Daerah (DPD) yang mengikutinya secara virtual atau dalam jaringan (daring).

“Munaslub ini menghasilkan keputusan yang disepakati bersama, yaitu menunjuk Dr. Douglas Pasaribu sebagai Ketum GMPK. Beliau merupakan salah satu yang membidani kelahiran GMPK,” jelas Jonny.

Sementara Munaslub, tambah dia, dihadiri sekaligus dibuka Wakil Ketua Umum DPP GMPK, Ir. Syamsul Hadi, juga diikuti Sekretaris Umum DPP GMPK Saputro Satrio melalui daring.

Tampak hadir secara tatap muka, para pendiri GMPK, di antaranya Martin Sirait, Dr. Douglas Pasaribu,  Marta Sanjaya, dan Akhmad Fachrudin Sonpe.

“Perlu kami sampaikan, penunjukan Ketum GMPK juga berdasarkan masukkan formulir yang diisi para ketua DPD se Indonesia. Mereka mengusulkan nama-nama sebagai calon ketum. Dan pada munaslub, akhirnya diputuskan berdasarkan pertimbangan, Dr. Douglas sebagai Ketum GMPK periode 2021-2026,” pungkasnya. (yadi)

Categories: Nasional