Mabes Polri Terus Memantapkan Pelaksanaan Tugas dan Fungsi Kehumasan di Seluruh Tanah Air - El Jabar

Mabes Polri Terus Memantapkan Pelaksanaan Tugas dan Fungsi Kehumasan di Seluruh Tanah Air

SUMEDANG, eljabar.com — Hari Jadi Humas Polri yang jatuh pada setiap tanggal 30 Oktober, jajaran Humas Polres Sumedang menjadikan momen tersebut untuk meningkatkan etos kerja terutama dalam kehumasan.

Kapolres Sumedang AKBP Eko Prasetyo melalui Kasubag Humas Polres Sumedang AKP Dedi Juhana menyebutkan, humas atau hubungan masyarakat memiliki peran sangat penting, sebab, humas salah satu penyampai informasi kepada masyarakat, khususnya tentang kepolisian.

“Tahun ini peringatan HUT Humas Polri dalam situasi pandemic virus corona atau Covid-19, sehingga hal itu menjadi tantangan tersendiri bagi humas polri untuk semakin intensif menyampaikan pesan agar masyarakat tetap mentaati protokol kesehatan demi memutus mata rantai Covid-19,” ujar Juhana kepada Eljabar.com, Senin (26/10/2020).

Dikatakan, Mabes Polri sendiri terus memantapkan pelaksanaan tugas dan fungsi kehumasan Polri di seluruh tanah air. Hal tersebut, masih kata Juhana, menegaskan bahwa humas merupakan garda terdepan untuk membangun opini publik terhadap kinerja Polri, maupun terhadap informasi up to date yang diminta masyarakat.

“Kita menyadari akan adanya potensi tuntutan masyarakat sehingga kami melakukan sejumlah pembenahan, khususnya terhadap teknologi informasi yang dimiliki sehingga diharapkan humas mampu memberikan informasi positif dengan cepat dan akurat kepada masyarakat. Hal ini juga tengah terus dilakukan Humas Polres Sumedang,” ujarnya.

Lebih jauh diakatakan, humas juga perlu memanfaatkan sumberdaya eksternal, khususnya kemitraan bersama media massa baik cetak, elektronik dan online dalam rangka peningkatan opini positif Polri melalui penyebaran atau diseminasi informasi tentang kinerja positif Polri dalam memberikan perlindungan, pengayoman dan pelayanan kepada masyarakat serta penegakan hukum yang menjunjung tinggi hak asasi manusia (HAM).

“Ada empat pedoman dalam pelaksanaan tugas fungsi kehumasan Polri, meliputi peningkatan hubungan kemitraan dan kerjasama yang saling menguntungkan dengan semua lapisan masyarakat, terutama dengan kalangan pers dan instansi terkait, peningkatan kemampuan menghimpun dan mengolah serta mendistribusikan informasi secara merata, menyeluruh, cepat, tepat dan akurat, mudah serta biaya murah, melalui sistem online terbuka dengan sistem pengelolaan informasi terpadu,” pungkasnya. (Abas)

Categories: TNI / POLRI