Sebabkan Banjir, Satgas Citarum Harum Sektor 21 Subsektor 15 Sumedang Bongkar Draenase di Parakanmuncang - El Jabar

Sebabkan Banjir, Satgas Citarum Harum Sektor 21 Subsektor 15 Sumedang Bongkar Draenase di Parakanmuncang

SUMEDANG, eljabar.com – Satgas Sektor 21 Subsektor 15 Sumedang Citarum Harum membongkar paksa drainase di Jalan Raya Parakanmuncang Simpang 20 Meter dari Kantor Camat Cimanggung, kemarin. Drainase itu menjadi penyebab banjir lantaran aliran anak sungai Cimande mangpet karena terhalang coran jalan.

Komandan Subsektor 15, Serka Erik Krisyana mengatakan selain bergerak dalam bidang pemantauan air limbah yang mencemari Sungai Citarum maupun anak sungai Citarum, Sektor 21 Citarum yang berada dibawah Kodam III Siliwangi itu bergerak dibidang sampah dan permasalahan banjir. Kebetulan, Sungai Cimande itu daerah aliran sungai Citarum sehingga menjadi prioritas sektor 21 dan subsektor 15 Sumedang.

“Ya kita kebetulan lewat aja habis tugas, kebetulan ada banjir ke jalan dari selokan yang mengalir ke Sungai Cimande. Secara spontan saya bergerak masuk ke gorong gorong dan membersihkan sampah,” katanya disela pembongkaran drainase.

Karena permasalahannya selokan menyempit karena bangunan coran yang tidak baik, sehingga harus dibongkar paksa. Akhirnya, atas permintaan warga dan pemerintah setempat, saluran air setinggi 2 meter yang dibeton di pinggir Sungai Cimande itu akhirnya dibongkar.

“Kami bongkar saluran yang tersumbat, karena memang mengecil akibat salah pembangunan. Dari hulunya besar sementara ke hilir kecil, jadi dibongkar,” katanya.

Menurut Serka Erik, daerah cakupan wilayah Subsektor 21 itu mencakup Sungai Cikijing, Cikeruh, Cimande, Citarik, dan Cibeusi. Selain menjaga anak aliran sungai Citarum dari pencemaran limbah cair industri, Subsektor 21 juga menjaga sampah yang dibuang ke sungai.

“Tugas kita patroli di sekitar daerah aliran sungai, takut takut ada yang membuang limbah cair ke selokan atau sungai. Secara kebetulan ada selokan mampet penyebab banjir, jadi kita bereskan,” ujar Satgas Citarum harum itu.

Seperti diketahui, Serka Erik Krisyana sempat viral di media sosial lantaran keberaniannya masuk ke gorong gorong yang tersumbat sampah. Gorong gorong itu sedalam 2 meter dan dipenuhi air hujan yang kuning pekat.

Tanpa alat selam, Serka Erik masuk ke dalam air sambil memungut sampah yang menyumbat saluran air hingga air sedikit menyusut. (Abas)

Categories: Regional