Menjaga Kondisi Kemantapan Jalan, Prioritas Utama DPU Bina Marga Jatim – El Jabar

Menjaga Kondisi Kemantapan Jalan, Prioritas Utama DPU Bina Marga Jatim

SURABAYA, eljabar.comKunjungan kerja Kepala Dinas DPU Bina Marga Provinsi Jatim, Edi Tambeng Widjaja, senantiasa mengingatkan seluruh jajaran di lingkup OPD yang dipimpinnya untuk menjaga kondisi kemantapan jalan.

Apalagi, menurut BMKG, fenomena La Nina yang menimbulkan bencana alam hidrometereologi, seperti banjir dan tanah longsor, akan berlangsung hingga Februari 2022 mendatang.

Sejumlah ruas jalan milik Provinsi Jatim pun tak luput dari daya rusak yang ditimbulan oleh bencana hidrometeorologi tersebut, seperti banjir bandang di Kota Batu atau tanah longsor di link 198 Km 77+700 Purwodadi-Nongkojajar, awal pekan ini.

Akibatnya, kualitas kemantapan jalan dan faktor keselamatan para pengguna jalan akan mengalami degradasi.

Sejumlah strategi telah disiapkan oleh DPU Bina Marga Jatim, mulai dari satuan tugas penanganan bencana maupun tim unit reaksi cepat yang siaga setiap saat.

Maka dari itu, Kepala Dinas PU Bina Marga Jatim Edi Tambeng Widjaja mengingatkan, sebagai instansi pengelolaan jalan dan jembatan, ia mengingatkan seluruh jajaran DPU Bina Marga Jatim soal kemantapan jalan dan jembatan hendaknya menjadi prioritas utama.

Penanganan kondisi jalan dan jembatan, baik pemeliharaan, rehabilitasi dan peningkatan jalan dilaksanakan sebaik mungkin.

“Minimal kondisi kemantapan jalan dan jembatan yang ada di wilayah unit pengelolaan jalan dan jembatan masing-masing bisa dipertahankan,” kata Edy, saat kunjungan kerja ke UPT PJJ Mojokerto beberapa waktu lalu.

Selain itu Edy juga berpesan agar ritme, kebersamaan, dan semangat kerja terus ditingkatkan, sebab hal itu akan memberi dampak yang signifikan pada kualitas pelayanan publik atas penyelenggaraan jalan.

Jadi, tandas Edy, di samping mengutamakan tugas pokok dalam kelembagaan, soliditas antara staf dan pimpinan maupun harmonisasi dengan lingkungan sekitar tetap dijaga.

“Ini akan menjadi modal utama untuk mewujudkan pelayanan publik yang baik,” pungkasnya. (bmnews/*wn)

Categories: Regional