Operasi Pemberantasan Rokok Ilegal di Pamekasan, Bea Cukai Madura Libatkan Pemkab dan TNI/Polri – El Jabar

Operasi Pemberantasan Rokok Ilegal di Pamekasan, Bea Cukai Madura Libatkan Pemkab dan TNI/Polri

PAMEKASAN, eljabar.com — Operasi pemberantasan rokok ilegal di Kabupaten Pamekasan yang digelar Bea Cukai Madura hingga akhir tahun 2021, berhasil menyita sejumlah merk rokok tanpa pita cukai dari sejumlah toko, pasar bahkan pabrik yang menjadi produsen di wilayah kabupaten Pamekasan, Jum’at (03/09/2021).

Operasi yang bekerjasama dengan Pemkab Pamekasan, Polres Pamekasan dan Sub Denpom Pamekasan tersebut, selain untuk meminimalisir peredaran rokok ilegal, operasi tersebut diharapkan akan menekan kerugian negara yang berasal dari pungutan barang kena cukai (BKC).

Ia menambahkan, Bea Cukai Madura dan Pemkab Pamekasan telah membentuk enam tim yang disebar ke toko-toko maupun seluruh pasar di Pamekasan.

“Kami memohon kepada orang yang memberikan atau menawarkan rokok tanpa pita cukai, hendaknya ditolak,” kata Frendi, Jum’at (03/09/2021).

Operasi bersama itu berhasil menemukan beberapa merk rokok yang tidak memiliki pita cukai, yaitu slop HJS dan Clove, Turbo, Luxio, The Java, LM Tunas dan Surya Guna.

Kendati begitu, Frendi mengaku, selain menggelar operasi, pihaknya juga melakukan sosialisasi kepada masyarakat untuk tidak menjual dan menerima rokok ilegal.

“Kami juga melakukan sosialisasi di sejumlah pasar dan toko agar tidak menjual atau menyediakan rokok tanpa pita cukai karena itu merupakan hal yang dilarang oleh Negara,” ujar Frendi.

Sebelumnya, operasi bersama pembetantasan rokok ilegal telah berhasil menyita 56.296 batang rokok dengan potensi kerugian mencapai Rp 26 juta lebih.

Tim operasi itu menyasar beberapa tempat di Pamekasan, Tlanakan, Pademawu, Galis, Larangan dan Kadur. (idrus)

Categories: Hukum