PPKM Darurat Sumenep, Gelar Operasi Swab Di Tempat Kerumunan | El Jabar

PPKM Darurat Sumenep, Gelar Operasi Swab di Tempat Kerumunan

SUMENEP, eljabar.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep, Madura, Jawa Timur akan melakukan operasi tes swab ditempat bagi warga yang masih berkerumun di cafe dan warung.
Hal tersebut bertujuan untuk meningkatkan kedisiplinan selama PPKM Darurat Covid-19, dari tanggal 03 sampai 20 Juli 2021 mendatang.

“Jadi besok kita akan swab antigen bagi warga yang masih berkerumun di tempat cafe meskipun mengunakan masker,” kata Bupati Sumenep, Achmad Fauzi pada media, Jumat (09/07/2021).
Menurutnya hal itu, untuk menjalankan Imendagri nomor 5 tahun 2021. Selama operasi berlangsung, Fauzi mengaku bahwa masyarakat sudah mulai sadar untuk tidak berkerumun dan mencegah penularan covid-19.

Artinya masyarakat paham bahwa ada PPKM Darurat dan mereka sudah mengurangi aktivitas,” ucapnya.

Menurutnya selama operasi PPKM Darurat covid-19, bisa dikatakan berhasil, sebab kata Fauzi, hingga detik ini terpantau masyarakat sudah mengurangi kegiatan di luar rumah, bahkan di setiap ruas jalan hampir sepi pengendara.

“Kalau dari populasi pergerakan bisa saja dua persen atau satu persen yang bisa kita lihat,” terang Fauzi.

Sementara itu, Letkol Inf Nur Cholis, mejelaskan jia operasi swab antigen sebagai salah satu upaya meningkatkan kedisiplinan masyarakat mematuhi PPKM Darurat terutama mencegah adanya kerumunan yang bisa menularkan COVID-19.
“Warga yang tidak ada kepentingan mendesak sebaiknya tidak keluar rumah di atas pukul 20.00 WIB, karena tim gabungan setiap malam pasti turun untuk memantau kerumunan warga sekaligus melakukan swab antigen,” tegasnya.

Tim COVID-19 Kabupaten Sumenep untuk melaksanakan operasi swab antigen telah menyiapkan alat swab dan petugasnya yang berasal dari tim medis Dinas Kesehatan, Polisi dan TNI.

“Forkopimda Sumenep sepakat dalam rangka menekan penularan COVID-19 agar diadakan operasi swab antigen kepada warga yang tetap berkerumun setiap malam,” tutupnya. (ury)

Categories: Nasional