Proyek Jembatan Ploso Baru, Launcher Girder Terpasang Open Traffic Digelar – El Jabar

Proyek Jembatan Ploso Baru, Launcher Girder Terpasang Open Traffic Digelar

JOMBANG, eljabar.com – Lalu lintas di jalan rigid beton yang menjadi bagian dari Jembatan Ploso Baru sudah dibuka. Pembukaan jalan (open traffic) dari arah Mojokerto menuju Babat tersebut terlihat dilakukan kemarin, Rabu (06/10/2021).

Pada open traffic itu, truk tanki milik kontraktor pelaksana proyek Jembatan Ploso Baru tak henti menyiramkan air, mulai dari pertigaan menuju Kabuh dan Ploso, untuk mengurangi debu jalan yang tepat berada di bawah fly over dari Jembatan Ploso Baru. Sedangkan pengerjaan shoring truss pada fly over Jembatan Ploso Baru tetap berjalan.

Pantauan eljabar.com di lokasi melihat sejumlah kendaraan dari arah Gedeg, Kabupaten Mojokerto mulai melintas. Sementara kendaraan yang dari arah Jombang masih tetap dialihkan melalui pertigaan Tapen.

Sebelumnya, lalu lintas dari arah Mojokerto yang akan menuju Babat, Kabupaten Lamongan melewati sisi tanggul Brantas.

Selain itu, launcher girder juga telah terpasang di pilar jembatan yang akan digunakan untuk menyambungkan girder girder pada bentang Jembatan Ploso Baru.

PPK 4.6 Jawa Timur Siti Sekar Gongoarum menerangkan saat ini pembangunan jembatan tersebut akan melakukan erection girder yang menggunakan metode portal gantry.

Hal ini dikemukakan Siti saat peninjauan Kepala Bidang Pembangunan dan Peningkatan Dinas PU Bina Marga Jatim yang didampingi Kepala UPT Pengelolaan Jalan dan Jembatan Mojokerto beberapa waktu lalu. Saat itu, ia juga mengatakan bahwa progres pekerjaan Jembatan Ploso Baru telah mencapai 70 persen lebih.

Namun begitu, drainse jalan pada Jembatan Ploso Baru masih dinilai belum cukup. Informasi ini diperoleh wljabar.com dari UPT PJJ Mojokerto. Untuk itu, unit pelaksana teknis di bawah Dinas PU Bina Marga Jatim itu sedang mendesain saluran box culvert. Ini dimaksudkan agar pada saat memasuki musim hujan nanti tidak terjadi genangan di jalan yang menjadi satu bagian dengan Jembatan Ploso Baru. (*wn)

Categories: Regional