Ruas Jalan Cibugel Sumedang Dengan Selaawi Limbangan Tidak Bisa Dilalui Akibat Pergeseran Tanah – El Jabar

Ruas Jalan Cibugel Sumedang Dengan Selaawi Limbangan Tidak Bisa Dilalui Akibat Pergeseran Tanah

SUMEDANG.eljabar.com — Akibat hujan dengan intensitas tinggi pada Kamis 13 Januari 2022, mengakibatkan pergeseran tanah tebing di jalur jalan Cibugel Sumedang dengan Kecamatan Selaawi Limbangan Kabupaten Garut tak bisa dilalui kendaraan. Polisi dan BPBD harus berjibaku mengevakuasi material tanah yang menutup jalan.

Kapolsek Cibugel, IPTU Ucu Abdurahman mengatakan longsor terjadi pada Kamis tanggal 13 Januari 2022 jam 19.00 Wib. Akibat longsoran itu menutup akses jalan di jalur jalan perbatasan Desa Buanamekar Kecamatan Cibugel menuju Selaawi Limbangan Kabupaten Garut.

“Untuk sementara akses jalan tersebut tidak dibisa dilalui baik kendaraan roda 2 maupun R4. Upaya kepolisian sementara dilakukan blokade menggunakan Ran R4 Polsek Cibugel. Sampai saat ini untuk sementara belum ada Informasi  korban Jiwa,” ujar Kapolsek, Jumat (14/1/2022).

Menurut Ucu, tebing tanah setinggi 10 meter dan lebar 15 meter tersebut menutup akses jalan, sehingga diperlukan alat berat seperti beacko. Untuk sementara kegiatan penanganan ke TKP longsor dipimpin Kapolsek Cibugel IPTU Ucu Abdurahman bersama 5 Anggota Polsek, Koramil, Pol PP kecamatan Cibugel, dan kepala desa Buanamekar kecamatan Cibugel.

“Langkah sementara yang kami lakukan mendatangi TKP, melakukan blokade bagi pengguna Jalan, berkordinasi dengan Instansi terkait. Camat Cibugel berkordinasi dengan BPBD untuk mendatangkan alat berat, melaporkan ke Satuan Polres Sumedang,” ujarnya.

Kapolsek menambahkan, bagi warga Garut atau Sumedang yang akan melewati jalur itu untuk sementara tidak bisa dilalui. Dan bisa menggunakan jalur alternatif ke Desa Cibugel atau sebelah timur Mapolsek Cibugel keluar dari wilayah Kecamatan Selaawi Kabupaten Garut.

“Kegiatan penanganan longsor belum bisa dilakukan sehubungan situasi hujan dan dikwatirkan terjadi pergeseran tanah susulan. Petugas kepolisian bersama Forkopimcam masih menunggu alat berat dari BPBD. Sementara situasi dalam keadaan aman dan kondusif,” tandasnya.(abas)

Categories: Regional