Satlantas Polres Sumedang Siapkan Rekayasa Lalulintas di Malam Tahun Baru 2020 - El Jabar

Satlantas Polres Sumedang Siapkan Rekayasa Lalulintas di Malam Tahun Baru 2020

SUMEDANG, eljabar.com — Kapolres Sumedang AKBP Dwi Indra Laksamana melalui Kasatlantas AKP Yudiono menyampaikan, bahwa Satlantas Polres Sumedang telah siapkan antisipasi Rute dan Cara Bertindak (CB) arus lalulintas pada malam tahun baru 2020.

“Upaya mengantisipasi arus lalulintas saat malam tahun baru, Kami telah siagakan personil disejumlah titik dan Pos Pengamanan (Pospam) agar perayaan malam pergantian baru di Sumedang berlangsung aman, tertib dan lancar,” ujarnya kepada wartawan di Mapolres Sumedang, Sabtu (28/12/2019).

Yudiono menuturkan, perlu diketahui bahwa di jalan raya Prabu Geusan Ulun mulai dari bundaran Binokasih hingga perempatan Kejaksaan Negeri dipergunakan untuk area perayaan tahun baru.

“Sehingga, kami akan lakukan pemindingan dibeberapa titik yakni, binokasih, pertigaan BRI, empang, budi asih, perempatan kejaksaan hingga pertigaan Gunung Kunci,” ujarnya.

Selain itu, sambung Yudiono, untuk arus dari Cirebon ke Bandung, sejak Bundaran Alamsari akan di tutup dan dialihkan via bypass atau Jalan Raya Prabu Gajah Agung.

“Dan sebaliknya, arus lalulintas dari Bandung menuju Cirebon dialihkan hanya melalui bypass Jalan Raya Prabu Gajah Agung,” ucapnya.

Dikatakan, Arus lalulintas dari Cirebon menuju Alun-alun Sumedang akan dibelokkan ke Jalan Kartini – Jalan Cut Nyak Dhien – Bundaran Binokasih lalu ke arah Bandung.

“Namun, apabila terjadi kepadatan diseputaran kota maka, akan dilakukan pemindingan di Bunderan Alamsari menuju Kota Sumedang lalu diarahkan melalui Jalan Raya Prabu Geusan Ulun atau bypass. Begitupun dari arah Bandung akan dialihkan melalui jalur bypass,” terangnya.

Kasatlantas menambahkan, Apabila di perempatan kejaksaan tidak bisa menampung arus lalulintas maka, titik pemindingan dilakukan di perempatan RSUD – RS Pakuwon hingga ke Jalan Raya Kebon Kol lalu tembus ke Bundaran Binokasih. Dan khusus untuk di Jalan Raya Mayor Abdurrahman akan dibuka satu arah, sejak dari Taman Endog hingga Ojolali.

“Petugas kamipun akan terus lakukan patroli guna mengantisipasi di sejumlah titik yang diduga rawan balapan liar menjelang malam tahun baru. Sementara itu, petugas yang disiapkan pun terbagi pada empat beat yakni, beat 1 arah bypass disiagakan 20 personil, beat 2 arah kota disiagkan 22 personil, beat 3 arah jalan raya kebon kol disiagakan 18 personil, sedangkan di beat 4 atau area car freeday night disiagakan sebanyak 14 personil,” tandasnya. (Abas)

Categories: Regional