Taman Hutan Kota Posko 21 Citarum Harum Tempat Edukasi Lingkungan - El Jabar

Taman Hutan Kota Posko 21 Citarum Harum Tempat Edukasi Lingkungan

CIMAHI, eljabar.com — Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Cimahi Muhamad Ronny menyatakan apresiasinya dengan kehadiran Satgas Citarum Harum Sektor 21 di Kota Cimahi sehingga muncul taman yang memberikan edukasi kepada masyarakat dan munculnya kembali aneka fauna yang menghinggapi pohon-pohon rindang dan menyegarkan.

Apresiasi Kepala DLH Kota Cimahi ini disampaikan kepada awak media di taman Kehati (Keanekaragaman Hayati) Posko 21 Rabu lalu (21/07/2020) yang kini tumbuh aneka pohon penguat tanah dan penahan erosi.

Menurut M. Ronny, kehadiran Sektor 21 ke Kp. Cimenteng Kelurahan Cipageran Kec. Cimahi Utara yang mengelola lahan seluas 5 hektar dengan menanam aneka pohon keras menjadikan lahan ini sebagai upaya untuk mengedukasi masyarakat.

“Hal lainnya, ucapnya, lahan yang tadinya sebagian digarap untuk tanaman musiman, kini ditanami pohon-pohon keras, fauna pun bermunculan seperti aneka kupu-kupu. Demikian pula aneka burung bermunculan. Hal ini perlu dipertahankan dan keanekaragaman flora dan fauna ini juga perlu ditambah.”

Hal-hal inilah, kata M. Ronny, yang akan dijadikan tempat edukasi lingkungan bagi warga Cimahi sendiri khususnya. Masyarakat umum bisa datang ke taman ini untuk pembelajaran soal persemaian upaya pemeliharaan bibit agar bisa tumbuh besar dan hendaknya dapat menjadi contoh guna memperbaiki lingkungan dari kritis menjadi lahan subur dan konservasi akan lebih banyak lagi.

“Sebelumnya taman hutan kota yang di Pemkot yang dijadikan hutan kota, namun tampaknya tidak memenuhi syarat sebagai hutan kota. Taman Kehati inilah yang amat cocok sebagai hutan kota karena memiliki keanekaragaman hayati.

“Berkaitan dengan program Citarum Harum, kata Kepala DLH Kota Cimahi, kami ajak Dansektor 21 ke sini dan Alhamdulillah ada manfaatnya. Kami kira ini harus dilanjutkan seperti ini dan daripada dikerjakan sendiri ternyata lebih baik dikerjakan dengan banyak orang”. (Ken)

Categories: Regional