Ironis, ANBK Tingkat SD Jadi Ladang Cari Untung Oknum Kepsek Penyedia Komputer – El Jabar

Ironis, ANBK Tingkat SD Jadi Ladang Cari Untung Oknum Kepsek Penyedia Komputer

KAB. BANDUNG, eljabar.com — Kendati Bupati Bandung, Dadang Supriatna sudah menunjuk pelaksana tugas (Plt.) Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) oleh Ruli dan Plt. Sekdis Pendidikan oleh Nandang, yang sebelumnya saat Kadisdik Juhana, Kabid SMP Plt. oleh Djundjunan dan Acep Dian Plt. Kabid SD. Tidak serta merta dilingkup Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) ada perubahan.

Buktinya, proyek besar nasional Mendikbud-Ristek Nadim Makarim, yakni Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) siswa kelas V SDN diduga dijadikan proyek oknum Kepala SMPN tertentu di Gugus 6 SMP, tak ayal dikeluhkan Kepala SDN.

Seorang manager SDN menjelaskan, dana untuk pelaksanaan ANBK yang dijinkan oleh dinas dan  dimasukan pada Rencana Kegiatan Dan Anggaran Sekolah (RKAS) yaitu 1 juta.

“Namun sekolah penyedia komputer yaitu sekolah menengah atas mematok harga hampir dua kali lipat. Ini jelas memberatkan SDN, akhirnya saya  memilih di SMP swasta karena hagra bisa nego,” beber sumber kepada eljabar.com, Senin (08/11/2021).

Sebelumnya kepala sekolah di kecamatan sebelah timur memaparkan, “Di SMPN ini (Gugus 6, red) sewa komputer 1,5 juta uangnya di transper plus uang tambahan 100 ribu kontan kalau dibandingkan dengan SMP swasta alamat timur mahalan di SMPN ini,” tegas sumber. A56

Categories: Regional