Lapas Kelas II A Pamekasan Menggelar Kegiatan Rehabilitasi Narkoba - El Jabar

Lapas Kelas II A Pamekasan Menggelar Kegiatan Rehabilitasi Narkoba

Pamekasan, eljabar.com – Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP), sekaligus teken MoU dengan Pondok Pesantren Puncak Darussalam Pamekasan. Kegiatan tersebut berlangsung di aula Lapas Blok A Lapas Kelas II A Pamekasan, Kamis (01/04/2021).

Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Pamekasan, Hanafi mengatakan kegiatan tersebut diharapkan akan mendekatkan WBP untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan.
Selain itu, Hanafi juga berpesan agar warga binaan di lapas Pamekasan untuk menjadi insan yang taat hukum, berakhlak mulia dan berbudi luhur sehingga menjadi masyarakat yang berguna dalam pembangunan.

“Rehabilitasi tahun 2021 merupakan program berkelanjutan, di mana pada tahun 2020 program ini telah dilaksanakan dan berjalan dengan baik,” ucap Hanafi.

IMG 20210401 WA0071

Kasus penyalahgunaan Narkoba dini di tahun ini tercatat sudah ribuan orang. Hal itu, menurut Hanafi, akan menjadi ancaman bagi generasi muda. Untuk itu pihaknya berharap kegiatan tersebut diharapkan bisa meminimalisir jumlah korban penyalahgunaan narkoba.

“Paling tidak, setelah menjalani masa pidana warga binaan tidak lagi terjerumus dalam kasus narkoba lagi,” ujar Hanafi.

Dijelaskan, tujuan dari rehabilitasi sosial bagi penyalahgunaan narkoba tersebut untuk proses refungsionalisasi dan pengembangan agar mampu memelihara pemulihan serta melaksanakan fungsi sosialnya secara wajar.

Di samping itu, imbuh Hanafi, program kegiatan rehabilitasi ini akan memulihkan kehidupan para warga binaan saat kembali ke tengah masyarakat.
Dirinya juga mengimbau agar WBP untuk tidak lagi mengulang perbuatannya menggunakan narkoba sebab ancaman hukumannya akan bertambah berat.

Pada kesempatan itu pengasuh Pondok Pesantren Puncak Darussalam, KH Abdul Hannan Tibyan, menyampaikan tausiyah dengan gayanya yang khas menghibur.

Begitu juga dengan penampilan Nato (Narapidana Tobat), kelompok kesenian binaan Lapas Klas IIA Pamekasan, tak kalah menghibur dalam kegiatan rehabilitasi tersebut. (idrus)

Categories: Nasional