Petugas Kebersihan Libur, Sampah Menumpuk di Pasar Parakanmuncang - El Jabar

Petugas Kebersihan Libur, Sampah Menumpuk di Pasar Parakanmuncang

SUMEDANG, eljabar.com — Saat Petugas pengangkut sampah dari Dinas Lingkungan Hidup (LH) Kabupaten Sumedang libur tumpukan sampah menjadi masalah di Pasar Tradisional Parakanmuncang Kecamatan Cimanggung.

Tumpukan sampah sampai menimbulkan bau tidak sedap. Bahkan air dari tumpukan sampah mengalir ke jalan.

“Bau banget ini jalan mau masuk pasar. Tempat parkir motor juga jadi tempat numpuk sampah,” kata Sari, salah satu warga yang hendak berbelanja, Kamis (20/082020).

Menurutnya ini menjadi rutin setiap tanggal libur petugas pengangkut sampah terutama Sabtu dan Minggu serta tanggal merah seperti ini. Tumpukan sampah baru diangkut setelah seluruh petugas kebersihan aktif.

“Mungkin baru nanti (Senin) diangkut,” ucapnya.

Berdasarkan pantauan media ini, sampah plastik, karton, sayur, buah dan tulang ikan bertumpuk di depan pasar Parakanmuncang. Tumpukan sampah dari berbagai jenis tersebut tampak terlihat berserakan di badan jalan utama hingga menyumbat beberapa saluran.

Selain menjadi pemandangan yang kurang elok dipandang, sampah yang sudah membusuk itu menimbulkan bau yang tidak sedap. Timbunan sampah juga banyak berserakan sehingga mengganggu kesehatan warga. Dikhawatirkan tumpukan sampah disana mengundang bermacam jenis penyakit.

“Itu pak lihat saja sendiri, ada yang sudah membusuk, baunya menyengat apalagi sampah sisa makanan, kalau tidak segera diangkut bisa-bisa terserang penyakit,” paparnya. (Abas)

Categories: Regional