SMPN di Kabupaten Bandung Sewakan Komputer untuk ANBK SD Lebih Mahal dari Swasta? – El Jabar

SMPN di Kabupaten Bandung Sewakan Komputer untuk ANBK SD Lebih Mahal dari Swasta?

KAB. BANDUNG, eljabar.com — Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) pengganti Ujian Nasional (UN) proyek nasional dibidang pendidikan diduga jadi ladang cari untung oknum Kepala Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) penyedia komputer. Disinyalir disewakan kepada Sekolah Dasar Negeri (SDN) untuk digunakan ANBK oleh siswa kelas V senilai  jutaan rupiah seperti di Gugus 6 SMP Kabupten Bandung.

Sumber  menjelaskan, siswa kelas V SDN sekarang sedang menjalani gladi bersih ANBK ada yang menggunakan komputer di salah satu SMP swasta di Gugus 6  sewanya sekitar Rp. 1 juta. Sedangkan di SMPN ini masih di Gugus 6 SMP Kabupaten Bandung Rp. 1,5 juta hingga pelaksanaan.

“Padahal sarana prasarana di SMPN termasuk komputer milik negara, oprasionalnya didanai dari Bantuan Operasional Sekolah (BOS). Kenapa lebih mahal dari SMP swasta?,” ujar sumber bertanya-tanya.

Sumber lain mengatakan, “Sepertinya uang yang diduga diminta oknum Kepala SMPN selaku penyedia komputer digunakan untuk membayar makan minum (mamin) operator, bayar listrik dan kuota wifi,” kata sumber kepada eljabar.com pada Sabtu, 6 Nopember 2021.

Sebelumnya oprator kecamatan menjelaskan, “Dana sewa komputer untuk ANBK yang wajib dilaksanakan oleh Sekolah Dasar Negeri (SDN) hanya 1 juta. Namun, kenyataan dilapangan di atas satu juta,” katanya. A56

Categories: Regional